Desain Rumah Sakit Umum

Ini adalah tugas Studio Perancangan Arsitektur 7 (Stupa 7), tugas satu semester yang dibuat kelompok bareng Praharsa (Awik), Satkumoro (Shendok), Areawan (Are'). Tugasnya adalah ngerancang Rumah Sakit Umum. Gagasan yang ingin ditampilkan pada wujud desain adalah hado. Berasal dari bahasa Jepang yang berarti energi yang tidak dapat dilihat. Inspirasi ini diambil dari penelitian Masaru Emoto yang menemukan bahwa jika air diberi kata-kata positif akan menghasilkan kristal yang sangat indah dan mempunyai pusat atau mata. Rumah sakit pada hakekatnya adalah tempat transit pasien untuk menuju kesembuhan, yang sebenarnya proses kesembuhan adalah berasal dari dalam dirinya jika sang pasien dapat memanfaatkan hado positif di dalam dirinya dan lingkungan sekitarnya. Sebenarnya bagian yang paling besar komposisi tubuh kita adalah air sehingga air adalah produk Ilahi yang sangat penting bagi kehidupan kita. Dalam surat Al-Anbiyaa:30 disebutkan bahwa “...dan kami jadikan dari air (permulaan) semua makhluk hidup...”


Gagasan bentuk bangunan mempunyai sebuah pusat seperti pada bentukan kristal air disamping. Pusat adalah sebagai pengikat blok bangunan sehingga bentukan bangunan nantinya akan terpadu. Pada nantinya pusat adalah sebagai landmark bangunan itu sendiri, sehingga open space adalah pilihan kami untuk mewujudkan desain kami nantinya. Open space memiliki kekuatan mengikat blok sehingga disain bangunan terpadu dapat tercapai. Bagaimana kami mewujudkannya dalam gagasan letak blok bangunan?bentukan hado yang ditampilkan oleh kristal air yang mengandung energi “kesembuhan” yaitu perkataan positif seperti “terima kasih” atau “aku telah sembuh” akan menampilkan kristal yang proporsinya sama dan mempunyai mata dipusatnya. Maka ide yang kami eksekusi adalah sebuah bangunan terpadu yang mempunyai nafas di pusatnya.

Untuk membagi blok tersebut kami menggunakan unsur budaya jawa ke dalam gagasan mengingat site ini berada di dalam kota yang sangat kental unsur budayanya
Menurut konsep Panca yang kami anut yang merupakan ide simbolik Jawa yang di jelaskan oleh J.Ph Duyvendak(1954) yang menyatakan bahwa masyarakat dan alam dibagi ke dalam lima kelompok simbolis, 4 dihubungkan dengan empat arah mata angin dan satu dengan pusatnya. maka:
1.Timur mengandung unsur putih, menahan diri, angin , dan air maka blok timur kami jadikan blok rawat inap.
2. Selatan mengandung unsur merah, pedagang, uang, dan gunung maka blok selatan kami jadikan blok lobby.
3. Barat mengandung unsur kuning, emas, lemah , celaka, dan sakit-sakitan maka blok barat kami jadikan blok emergency.
4. Utara mengandung unsur hitam, besi, kaku, api dan bara maka blok utara kami jadikan blok radiologi, ICU, dan surgical department.
5. Pusat mengandung unsur banyak warna, Dewi Sri, rumah dan bumi maka pusat kami jadikan open space.

13 Comments:

  1. Yudi said...
    asyik yang pertama.. keren banget.. wah kayak nya asyik y kul di arsitektur hehehehe..
    jane anag baiiik said...
    baiiikk.

    iiaah. tinggal diisi aja dibawahhh.

    kmuu ska arsitektur yahh.
    samasama..

    kuliaa dimanahh??
    Rully Ardian said...
    wah kapan-kapan bolehlah kerjasamanya utk mendesign landscape atau bangunan lain,karena perusahaan kita juga sering dapat proyek tuk perencanaan landscape di kota Batam.
    Yono said...
    itu desain rumah sakit kok lux banget
    zibalbo said...
    konsep n desainnya keren bgt! aku suka :D btw, gimana kbrnya bos? kok gak pernah kunjungan balik neeh!? :D thx
    alien said...
    kok sekilas kalau dari depan kesannya sekilas mirip sama RSCM ya ^_^
    EKO RAHARJO said...
    Pelayanan pelanggan telah menjadi gaya hidup dalam setiap aktifitas pelayan di rumah sakit. Untuk itu dibutuhkan keahlian dan ketrampilan dalam menjalankan aktifitas tersebut dengan cermat, memuaskan dan menguntungkan.
    Info Pelatihan Pelayanan Prima
    Hotel Solo Inn Surakarta, 7 Mei 2009
    09.00-15.00 wib
    Info lengkap (materi dll) silahkan kunjungi http://www.forumkuliah.wordpress.com
    atau hub 081548341129 (eko)
    PTS said...
    Wakakkaka....
    bangunanne UII banget bro.....
    Kalo si Hado-nya ditelan mentah2 malah lebih bagus om,....trus opeen space yang jadi lakonnya kok malah paling nggak kerasa,
    trus buat ending badan ketemu kepalanya kayak kurang ada pemisahnya.
    Hehehe....tapi namanya kritikus juga belum tentu bisa bikin yang lebih bagus.....
    Anonim said...
    boleh nggak minta kembali program nya..
    karena saya coba download tidak bisa..
    terima kasih dan salam kenal..

    spidermancold@yahoo.com
    Belly Surya Candra Orsa said...
    Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )
    Desain Rumah Sakit said...
    mungkin desain rumah sakit yang sederhana lebih baik, sebagaimana Umat bin khattab r.a berkata "keburukan ummat ini adalah pada bangunannya yang tinggi..."
    Menurunkan Kolesterol said...
    waah keren mas !!1
    Obat Gula Darah said...
    Ikutan menyimak gen/...

Post a Comment